Breaking News

Berencana Renovasi Rumah? Perhatikan ini Agar Bisa Menghemat Biaya Renovasi



Renovasi rumah adalah suatu proses yang bisa dibilang rumit dan berbelit-belit. Hal ini karena renovasi rumah memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Merenovasi merupakan salah satu hal yang penting dilakukan supaya rumah kembali layak huni dan menjadi rumah yang nyaman. Agar prosesnya berjalan dengan baik, tidak rumit dan berbelit perlu perencanaan yang matang.


Jika berencana melakukan renovasi rumah, ada baiknya agar prosesnya lancar Anda memilih jasa kontraktor atau tukang bangunan yang terpercaya. Perencanaan awal harus dibuat dengan konsep yang cermat. Hal ini dimaksudkan agar bisa mencegah penghamburan dana yang tidak penting atau sia-sia. 

Pastikan bahwa Anda memilih jasa renovasi hunian yang paling tepat sehingga semua bisa berjalan mulus sesuai target kapan rumah akan selesai direnovasi. Perlu diketahui jika anggaran biaya untuk merenovasi rumah selalu melonjak naik tiap tahunnya. Setiap tahun terjadi peningkatan nilai properti, karena itu perhatikan cara menghemat anggaran biaya.

1.      Memilih jasa kontraktor atau tukang bangunan yang tepat

Lakukan pengumpulan informasi penting tentang jasa kontraktor atau tukang bangunan minimal tentang tiga hal yakni, membandingkan harga dengan jasa lain, kemampuan, sekaligus pengalaman jasa yang akan direkrut.

Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan dengan mencarinya di internet. Selain itu juga bisa meminta rekomendasi dari rekan atau saudara yang mungkin saja sudah memiliki kontraktor atau tukang bangunan langganan.


2.      Melihat kelebihan jasa renovasi

Anda dapat melihat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh jasa tersebut dengan melihat langsung kinerja kontraktor. Lihatlah testimoni orang yang sudah menggunakan jasa-jasanya jika banyak orang yang kecewa dengan hasilnya, maka Anda sebaiknya mencari jasa renovasi rumah yang lain.


3.      Tanyakan ulasan dan referensi pelanggan lain

Anda juga dapat memvalidasi kemampuan serta pengalaman kerja dari jasa yang akan dipakai tersebut dengan menilai hasil kerja yang sebelumnya. Jangan ragu untuk menanyakan pada pelanggan-pelanggan yang sebelumnya. Jika memungkinkan, Anda juga dapat meminta portofolio tentang proyek yang sebelumnya dikerjakan.


4.      Hitung budget

Hitunglah budget yang akan dikeluarkan untuk renovasi rumah berdasarkan  kemampuan finansial yang Anda miliki. Ada baiknya jika Anda membandingkan  keuangan dari pemasukan dan kebutuhan yang lain.  Dalam hal ini Anda harus membuat perencanaan yang paling matang.


5.      Tentukan bagian rumah yang memerlukan renovasi

Tentukan manakah bagian rumah yang ingin direnovasi dengan mendiskusikan pada tukang atau kontraktor pilihan. Katakan secara terperinci apa saja bagian yang akan direnovasi apakah, dapur, lantai, dinding, kamar mandi atau bagian yang lain.


6.      Tentukan alasan mengapa Anda merenovasi

Alasan melakukan renovasi rumah ini bisa dipertimbangkan, apakah ingin meningkatkan kenyamanan rumah atau karena bertujuan investasi properti. Semua tujuan dari renovasi haruslah jelas supaya Anda tidak membuang anggaran dengan sia-sia. 

Jika bermaksud untuk renovasi rumah sebaiknya memiliki tujuan yang jelas, misalnya saja kenyamanan, tujuan investasi, dan berbagai hal yang memang penting untuk dilakukan renovasi. Lakukan pemikiran yang objektif dan lakukan konsultasi dengan jasa renovasi agar semua berjalan dengan baik dan terarah. 

Melakukan renovasi rumah memang tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan yang tepat. Bahkan Anda pun disarankan memilih jasa kontraktor dan tukang bangunan yang profesional. Jasa ini lah yang akan membantu Anda mengarahkan dan mendiskusikan renovasi hunian secara lebih rinci dan matang. Selain itu, Anda akan mendapatkan harga yang pantas untuk sebuah jasa renovasi hunian yang profesional.

1 komentar: