Breaking News

Cara Pemberian Susu Formula Pada Bayi Sesuai Usia


Susu formula merupakan asupan candangan yang diberikan kepada bayi. Saat Anda sebagai ibunya mengalami beberapa kendala, sehingga tidak bisa memberikan ASI sebagaimana mestinya. Ada cara pemberian susu yang benar kepada bayi sesuai usianya. Hal ini terkait dengan kebutuhan yang dibutuhkan di setiap jenjang usia bayi berbeda-beda.
Takaran dalam Pemberian Sesuai Usianya
1.      Pemberian Susu pada Bayi yang Baru Lahir
Jumlah perbotol yang diberikan pada bayi dengan takaran 2-3 ons. Frekuensi pemberian susunya setiap 3-4 jam setiap hari. Jadi sehari ada 6-8 kali. Anda perlu tahu bahwa tiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika bayi Anda tidak lagi mau menerima susunya jangan dipaksakan. Anda bisa mengubah polanya dengan memberikan takaran yang lebih sedikit.

2.      Pemberian Susu pada Bayi yang Berusia 1-2 Bulan
Jumlah perbotol yang diberikan pada bayi dengan takaran 4 ons. Frekuensi pemberian susunya setiap 4 jam setiap hari untuk yang usia 1 tahun dan untuk yang berusia 2 tahun sebanyak 6-7 kali minum dengan hitungan waktu 24 jam.

3.      Pemberian Susu pada Bayi yang Berusia 4 Bulan
Pemberian susu kepada bayi 4 bulan terbagi menjadi dua takaran. Pertama, takaran 4-6 ons perbotolnya diberikan sebanyak 6 kali selama 24 jam. Kedua, takaran 6-8 ons perbotolnya diberikan sebanyak 5 kali selama 24 jam.

Beberapa Hal yang Perlu Dihatikan dalam Pemberian Susu Formula

1.      Susu yang Diberikan Hanya untuk Sekali Minum
Ketika Anda membuatkan susu untuk bayi Anda, kemudian bayi tidak meminumnya tapi telah menyentuh dot botol maka susu itu harus dibuang. Jika kondisinya botol dot belum disentuh maka Anda masih bisa menyimpan susu selama 48 jam di dalam lemari es.

2.      Memanaskan Kembali Susu dengan Cara yang Benar
Saat Anda ingin memanaskan susu dari lemari es sebelum memberikannya kepada bayi, maka jangan menggunakan microwaves. Cara yang benar dalam memanaskan susu adalah dengan merendam botol bayi Anda ke dalam air yang panas selama beberapa menit hingga panas air mencapai suhu ruangan.

3.      Posisi Tubuh Bayi Saat Pemberian Susu
Anda harus memposisikan tubuh dan botol bayi dengan posisi yang tegak agar tidak tersedak. Setelah itu perhatikan selalu kondisi lubang dot botol susu bayi Anda. Karena lubang botol yang terlalu besar dapat menyebabkan bayi muntah dan merasa panik. Untuk itu Anda perlu menyesuaikan ukuran dot botol susu dengan usia bayi.

Pemberian susu formula terlihat sangatlah mudah, namun ternyata beberapa hal teknis dalam pemberiannya sering sekali salah. Anda sebagai seorang ibu perlu memahami dengan baik cara pemberian susu yang benar kepada bayi. Hal ini berguna untuk menghindari bayi Anda dari kembung atau rasa lapar yang membuatnya menjadi rewel.

Tidak ada komentar