Breaking News

Minyak Esensial yang Berkhasiat Mengobati Gigitan Serangga

Sengatan atau gigitan serangga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada kulit, terlebih bila sampai memunculkan bekas laksana gatal, iritasi, kemerahan, sampai rasa perih. Meski begitu, Anda dapat meredakan efeknya dengan menggunakan sekian banyak  jenis minyak esensial sebagai berikut yang diandalkan  ampuh sebagai obat gigitan serangga.

Pilihan minyak esensial sebagai obat gigitan serangga

1. Basil

Minyak basil mempunyai sifat antiradang yang dapat menolong meredakan iritasi kemerahan dampak gigitan serangga atau sengatan lebah. Tak melulu itu, sifat antimikrobanya pun berkhasiat untuk menangkal terjadinya infeksi.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak basil dengan 1 sdt minyak pembawa laksana minyak zaitun atau minyak almond. Barulah oleskan langsung di kulit.

2. Chamomile

Di samping aromanya yang harum menenangkan, minyak chamomile juga diandalkan  sebagai obat gigitan serangga yang ampuh karena dapat membantu menanggulangi reaksi alergi enteng seperti kulit gatal, kemerahan, serta iritasi.

Minyak chamomile pun mempunyai sifat antiradang yang berkolaborasi efektifnya laksana krim hidrokortison guna menyembuhkan rasa sakit, peradangan, dan gatal pada kulit bekas gigitan serangga. Khasiat ini pernah diadukan oleh suatu studi di tahun 2011.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak chamomile dengan 1 sdt minyak pembawa laksana minyak zaitun atau minyak almond. Barulah oleskan langsung di kulit.

3. Lavender

Minyak lavender adalahsalah satu minyak esensial yang tak kalah populer sebagai obat gigitan serangga. Minyak lavender biasa dipakai untuk mengobati rasa sakit dampak gigitan laba-laba, semut api, dan lebah.

Sebuah studi di tahun 2012 mengejar bahwa efek antiradang minyak lavender bermanfaat untuk membetulkan sel kulit yang rusak.

Berbeda dengan minyak esensial beda yang mesti dibaur dulu dengan minyak pembawa sebelum dioleskan pada kulit, Anda dapat mengoleskan minyak lavender langsung ke bekas gigitan serangga.

4. Peppermint

Minyak peppermint dapat menjadi di antara pilihan bagus guna mengobati gigitan serangga. Sifat antiradang dari minyak peppermint sudah terbukti ampuh untuk menanggulangi gatal, iritasi, serta sensasi terbakar dampak gigitan serangga sebab efeknya yang dingin pada kulit.

Minyak peppermint melulu boleh dipakai hanya pada bekas gigitan serangga atau iritasi kulit ringan, tidak boleh dioles ke luka yang terbuka.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak peppermint dengan 1 sdt minyak pembawa laksana minyak zaitun atau minyak kelapa. Barulah oleskan langsung di kulit. Jangan langsung oleskan minyak peppermint ke kulit karena dapat menyebabkan perih dan memperburuk kondisi.

5. Tea tree oil

Tea tree oil umum dipakai sebagai obat jerawat. Namun tidak boleh salah. Minyak pohon teh pun adalahpilihan obat gigitan serangga alami, khususnya untuk anak-anak yang tidak jarang tidak tahan rasa gatalnya.

Minyak pohon teh mempunyai sifat antibakteri yang menolong mencegah bakteri serta mikroba lainnya supaya tidak tumbuh dan berkembang di lokasi bekas gigitan serangga. Penelitian pun menunjukkan bahwa menunjukkan bila minyak pohon teh dapat mengurangi gatal dan bengkak pada kulit dampak reaksi alergi.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak tea tree dengan 1 sdt minyak pembawa laksana minyak zaitun atau minyak kelapa. Barulah oleskan langsung di kulit.

6. Minyak sereh

Berdasarkan keterangan dari sejumlah penelitian, minyak sereh mempunyai efek antimikroba yang ampuh untuk menangkal infeksi bakteri yang mungkin diakibatkan dari gigitan serangga. Sebuah riset yang diterbitkan pada tahun 2014 pun menyatakan bahwa minyak sereh juga mempunyai sifat sebagai antiradang.

Minyak ini dapat dioleskan langsung pada sumber gatal sesudah digigit atau disengat serangga.

7. Minyak kamper (champor)

Meski kurang tak asing terdengar di telinga, kamper (champor) ternyata masih satu kerabat dengan kayu manis. Minyak kamper berfungsi untuk meredakan gatal, sakit, iritasi, dan peradangan dampak gigitan serangga. Namun, minyak ini melulu boleh dipakai hanya pada bekas gigitan serangga atau iritasi kulit ringan, tidak boleh dioles ke luka yang parah karena dapat membuat iritasi kian memburuk.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak kamper dengan 1 sdt minyak pembawa laksana minyak zaitun atau minyak kelapa. Barulah oleskan langsung di kulit.

Penting guna tes dulu guna cari tahu apakah kita alergi terhadap minyak esensial apapun, sebelum memakainya sebagai pengobatan. Oleskan minyak tidak banyak saja pada punggung tangan dan tunggu 24 jam. Jika tidak terdapat masalah, kita boleh menggunakannya sebagai obat gigitan serangga.

Tidak ada komentar