Breaking News

Mengenali Kista Ovarium, Kondisi yang Sering Tak Disadari


Kista ovarium, cairan sarat busa yang hadir di dalam atau di atas ovarium ialah salah satu komplikasi yang lumayan umum terjadi pada wanita. Bahkan, tidak sedikit wanita yang memilikinya, namun mereka tidak sadar.

"Banyak perempuan mempunyai kista ovarium ketika menstruasi dan sama sekali tidak menyadarinya," kata Alyssa Dweck, M.D., asisten profesor klinis di Mount Sinai School of Medicine, seperti dikutip dari Women's Health.

Kista menjadi isu saat ukuran mereka jadi terlampau besar (yang biasadinamakan torsi ovarium dan dapat berujung hilangnya ovarium Anda) atausaat mereka pecah. "Mereka dapat bocor atau pecah atau terpelintir, danurusan ini dapat menimbulkan rasa sakit yang parah," lanjut Dweck.

Setiap kali kita berovulasi, urusan ini dapat memicu terbentuknya kista, Dweck menjelaskan. "Hal ini barangkali lebih umum dibanding yanganda thau, karana tak tidak jarang kali ada simtom," lanjut Dweck. Jadi, tidak sedikit wanita yang bahkan tak bakal menyadari mereka memilikinya hingga terjadi sesuatu.

Untuk lebih memahami bisa jadi Anda mempunyai kista ovarium, dokterkita akan mengerjakan diagnosis memakai ultrasound, kecuali kita mengembangkan sebuah simptom - dan tak tidak sedikit yang dapat Andakerjakan untuk menangkal pecah atau kebocorannya.

Bisa Dicegah dengan Pil KB

"Satu-satunya urusan yang sudah terbukti dapat mencegah kista ialah pil KB," ujar Dweck. Jadi, andai ternyata kita rentan mempunyai kista, pil KB ialah kontrasepsi terbaik untuk Anda. Hormon yang ditemukan dalam kontrasepsi IUD (spiral) dapat sedikit meningkatkan susunan kista, kata Dweck.

Hal lainnya yang berisiko besar menciptakan kista pecah? Seks. "Jadiandai Anda bersangkutan seks ketika ovulasi dan kita mempunyai kista yang besar, terdapat risiko kista kita pecah," ujar Dweck.

Perawatan kista paling beragam. Beberapa wanita dapat melaluinya melulu dengan obat penghilang rasa sakit atau kompres panas, sedangkan wanita lain memerlukan operasi.

Jika kita merasa Anda barangkali mempunyai atau berisiko menghadapi kista ovarium, bicarakan pada dokter kita mengenai teknik penanganan yang sangat baik.

Tidak ada komentar