Breaking News

Perhatikan hal Berikut Sebelum Beli Mobil Eks-Perushaan


Sudah bukan hal yang istimewa bagi masyarakat Indonesia yang memiliki keinginan untuk mempunyai kendaraan beroda empat/mobil secara pribadi. Karena dengan memiliki mobil secara pribadi, selain dapat menaikan harga diri mereka dalam tatanan masyarakat juga dapat membantu mereka dalam kegiatan sehari-hari. Maka tak heran jika angka pembelian mobil di Indonesia tiap tahunya selalu mengalami peningkatan. 

Hebatnya lagi, Indonesia masuk dalam negara dengan pembeli mobil terbanyak di Asia dan menjadi pasar yang sangat potensial bagi produsen mobil di seluruh dunia. Bukan hanya mobil keluaran terbaru yang menjadi daya tarik bagi konsumen Indonesia, mobil bekas alias second pun masih laris di pasaran. Mahalnya harga satu unit mobil baru, menjadi alasan utama bagi para pembeli dalam memlilih mobil bekas. Kebanyakan dari mereka memilih membeli mobil bekas perusahaan ketimbang bekas pemakaian pribadi, hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa mobil yang dipakai oleh perusahaan lebih sering mendapatkan perawatan rutin dan dijamin akan mampu beroperasi dalam waktu yang lebih lama.

Namun ada baiknya kita tetap berhati-hati dalam memilih mobil yang akan kita beli, karena tidak ada jaminan yang pasti mengenai kualitas mobil bekas bahkan dari pakar otomotif sekalipun. Oleh karena itu, berikut kami sajikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas perusahaan.

Berikut Tips Membeli Mobil Bekas Perusahaan


1. Tanyakan riwayat pemakaian mobil.

Hal yang harus diperhatikan dalam membeli mobil bekas atau second adalah mengetahui riwayat pemakaian apakah boros atau termasuk mobil irit bahan bakar, sehingga kita dapat mengetahui sejauh mana mobil yang akan kita beli tersebut telah digunkan. Anda bisa memulai menyakan riwayat mobil dengan bertanya alasan dijualnya mobil tersebut, bisa juga dengan menanyakan riwayat kecelakaan yang pernah dialami, dan juga asal usul mobil tersebut apakah mobil bekas pimpinan perushaan atau bekas operasional perusahaan. 

Perlu diingat bahwa biasanya mobil bekas pimpinan perusahaan lebih layak dibeli daripada mobil bekas yang dipakai untuk operasional perusahaan, hal ini disebabkan karena mobil bekas yang dimiliki pimpinan perushaan lebih sering mendapat perawatan dan sangat jarang dipakai secara rutin sehingga membuat mesin tidak terlalu diporsir untuk berjalan dibanding mobil untuk operasional yang tiap hari mungkin digunakan untuk perjalanan jauh yang membuat mesin semakin rapuh.

2. Pahami semua tentang mobil sebelum membeli.

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil bekas adalah pengetahuan tentang mobil. Hal ini sangat penting, agar kita terhindar dari penipuan pihak penjual dan tidak membeli kucing dalam karung. Anda harus mengetahui terlebih dahulu kondisi mesin, bagi seorang yang mengerti tentang mobil mereka akan langsung mengetahui bagus atau tidaknya kondisi sebuah mobil hanya dari suara mesinnya. Biasanya, mobil dengan kondisi yang bagus memiliki suara yang halus dan kondisi bagian kaki (rem, gas dan kopling) yang masih empuk untuk dipijak. Jika kalian merasa kesulitan dalam menilai kondisi mobil, bisa ajak orang yang dipercaya dan paham tentang mesin mobil untuk membantu menilai dalam memilih mobil bekas nanti.

3. Periksa catatan perbaikan mobil.

Selain mengetahui riwayat perjalanan mobil, anda juga harus mengetahui catatan atau riwayat perbaikan mobil yang ingin anda beli tersebut. Pastikan mobil yang akan anda pilih telah melakukan perawatan mesin secara berkala dan mengetahui spare-part apa saja yang telah diganti sehingga anda dapat menilai performa mobil tersebut. Usahakan carilah mobil yang memiliki riwayat pergantian komponen dengan komponen original, karena dengan menggunakan komponen original mobil dapat bertahan lebih lama daripada menggunakan komponen yang aspal.

4. Maksimalkan waktu saat test-drive.

Ketika sudah merasa yakin dengan kondisi fisik dan riwayat mobil yang akan kita beli, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah test-drive atau uji coba mengendarai. Pengujian ini perlu dilakukan, karena kita akan mengetahui dan merasakan secara detail kenyamanan dalam mobil yang akan kita beli nanti. Jangan terlalu terburu-buru dalam melakukan pengujian, hal yang keliru dalam melakukan test-drive adalah terlalu sebentar dalam pengetesan dengan alasan tidak enak dengan penjual. Padahal semakin lama kita merasakan berkendara dengan mobil, kita dapat mengetahui pas atau tidaknya mobil tersebut untuk digunakan. Rasakan deru mesin mobil saat berkendara, coba semua panel lampu dan perhatikan indikator di dashboard mobil tersebut apakah telah berfungsi semua, perhatikan juga asap pembuangan dari kanlpot, usahakan cari mobil yang tidak mengeluarkan asap.

5. Terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Setelah semua pengujian selesai dan anda merasa yakin bahwa mobil yang dipilih merupakan mobil impian anda, jangan membayar atau membeli dahulu. Jangan hanya berpatok pada satu mobil, kalian bisa mengunjungi kantor-kantor atau agen-agen tempat membeli mobil bekas perusahaan dari ford Indonesia ditempat lain. Hal ini dilakukan agar anda dapat menemukan mobil dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang sesuai dengan budget anda. Terlalu cepat mengambil keputusan akan membuat penyesalan diakhir.

6. Periksa kelengkapan dokumen mobil.

Hal yang menjadi sangat penting dalam membeli sebuah barang adalah legalitasnya, semurah atau sebagus apapun barang tersebut jika tidak memliki legalitas tentu tidak dapat digunakan. Sama halnya dalam membeli kendaraan, surat-surat atau dokumen kepemilikan wajib dimilki oleh setiap pengendara. Oleh karena itu, dalam membeli mobil bekas perhatikan bahwa mobil tersebut memiliki STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Beroda Empat/Dua) yang asli. Perhatikan pula bahwa dokumen tersebut memilki angka yang sama dengan kerangka kendaraan yang anda beli. Jika anda membeli mobil bekas perusahaan, pastikan pula bahwa nama di dokumen kendaraan tersebut sama dengan nama pemiliki kendaraan, dengan memilki dokumen yang asli dapat mempermudah kita dalam proses pembalikan nama kepemilikan kendaraan.

7. Jangan tertipu harga.

Sangat tidak dianjurkan untuk membeli mobil bekas perusahaan dengan berdasarkan harga yang lebih murah, harga yang mahal sekalipun tidak menjamin kualitas mobil apalagi yang murah. Namun tidak semua barang yang murah itu jelek dan tidak layak dibeli, ada baiknya kita tidak tergiur dengan harga dan memperhatikan sangat kualitas dan performa mobil yang akan kita beli. Kita tentu tidak ingin mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk melakukan service akibat membeli mobil dengan harga murah namun ternyata kualitas dan performa mobil sangat jauh dari kata standar untuk digunakan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kalian jadikan acuan saat membeli mobil bekas perusahaan, memang membeli sebuah mobil bekas atau second lebih murah daripada membeli mobil baru, prosesnya pun lebih mudah. Namun, ada baiknya sebelum membeli mobil kita dapat memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan diatas agar kita terhindar dari resiko salah beli atau yang lebih parah kita membeli kucing dalam selimut. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan bagi kita semua.

Tidak ada komentar