Breaking News

Lidah Wajib Loh Dibersihkan, Begini Caranya


Berbicara soal kesehatan rongga mulut, bukan hanya gigi yang mesti diperhatikan. Lidah pun tergolong organ tubuh yang butuh dirawat supaya kesehatan rongga mulut kita tetap terjaga. Lantas, apa lidah pun perlu dibersihkan? Memangnya lidah juga dapat kotor laksana gigi? Kalau begitu bagaimana teknik mempunyai lidah bersih? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Apa perlu mencuci lidah?

Bukan melulu bakteri yang dapat menempel di gigi kemudian lama kelamaan menyusun plak sampai membuat gigi berlubang. Lidah pun dapat dipenuhi oleh bakteri laksana halnya gigi. Jika tidak dibersihkan, bakteri dan seluruh kuman bakal berkumpul dan berkembang biak di lidah.

Permukaan lidah ditutupi oleh benjolan kecil-kecil yang dinamakan dengan papilae. Dalam lekuk papilae berikut bakteri, sel kulit mati, dan partikel makanan yang kecil dapat terkumpul dan menumpuk.

Bakteri yang berkumpul di lidah ini dapat menjadi sarang kuman untuk situasi rongga mulut secara menyeluruh, dapat juga menurunkan sensitivitas rasa di lidah, bahkan merusak penampilan lidah jadi berwarna putih, sampai memicu bau mulut.

Maka itu, mencuci lidah jangan disepelekan. Sama pentingnya dengan mencuci gigi, lidah pun harus dipertahankan kesehatannya.

Agar lidah bersih dan sehat, laksana apa perawatannya?

Tongue scraping atau pembersih lidah ialah alat yang dipakai untuk menghilangkan partikel tambahan yang tidak bermanfaat di permukaan lidah. Pembersih lidah ini tidak memastikan Anda terhindar dari bau mulut, namun dengan lidah yang bersih paling tidak mengurangi terjadinya bau mulut dan pastinya menciptakan lidah bersih.

Pembersih lidah terdapat dalam berbagai format dan ukuran, dan bekerja mulai dari unsur belakang lidah dan ditarik ke unsur depan lidah. Setelah lidah dibersihkan, seringkali rongga mulut terasa lebih segar.

Agar menemukan lidah bersih yang menyeluruh, ini teknik menggunakan perangkat pembersih lidah:

  • Berdiri di depan cermin, buka mulut dan julurkan lidah keluar.
  • Secara perlahan, masukan perangkat pembersih lidah ke unsur belakang lidah. Jika Anda cemas tersedak, Anda dapat memulainya di unsur tengah lidah. Saat telah terbiasa, kita secara bertahap dapat mulai mencuci agak jauh ke belakang.
  • Secara perlahan, tarik perangkat pembersih lidah ke depan, ke arah ujung lidah. Jangan kerjakan sebaliknya dari depan ke belakang lidah.
  • Sekali tarik hingga ujung lidah, pakai kain lap guna menghilangkan kotoran yang menempel di perangkat pembersih lidah Anda.
  • Kemudian ulangi tarik pulang dari belakang ke arah depan sampai semua lokasi permukaan lidah bersih.
  • Cuci perangkat pembersih lidah ini dengan air hangat dan sabun, keringkan, dan simpan di lokasi yang bersih dan kering.
  • Lakukan pembersihan lidah ini secara rutin laksana menyikat gigi Anda.

Tidak ada komentar